Indikator minat

 

1.      Minat
No
Indikator
Pernyataan
1
Perasaan Senang
Fisika merupakan mata pelajaran yang membuat saya semangat untuk belajar
2
Perhatian dalam belajar
Saya suka mencari tau tentang fenomena fisika yang tidak bisa saya jawab
3
Bahan pelajaran dan sikap guru yang menarik
Saya suka berdiskusi dengan teman dan bertanya pada guru tentang materi fisika saat pelajaran fisika berlangsung
4
Manfaat dan fungsi pembelajaran
Dengan mempelajari fisika saya jadi lebih mengerti mengenai energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

2.      Cara menguji validitas dan reliabilitas angket
a). Uji validitas
Validasi dilakukan untuk menguji keabsahan butir instrumen. Validitas konstruk (contruct validity) dapat menggunakan rumus korelasi pearson product moment, sebagai berikut :


Keterangan :
N = jumlah responden
X = Skor Variabel
Y = Skor total dari variabel untuk responden ke-n

Kriteria yang digunakan untuk uji keansahan butir jika r hitung lebih besar dari r tabel, maka butir instrumen dianggap valid, sedang jika r hitung lebih kecil atau sama dengan r tabel maka butir instrumen dianggap tidak valid dan selanjutnya di drop atau tidak digunakan.

b). Uji Reliabilitas
            Selanjutnya data uji coba penelitian yang sudah valid tersebut dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha berikut ini :


Keterangan :
Koefisien reliabilitas instrumen
Jumlah butir pertanyaan
 =Jumlah varian butir
 = Jumlah varian total

Kriteria koefisien reliabilitas menurut Guilford (Ruseffendi, 2005:160) adalah sebagai berikut :

Nilai
Keterangan
 <  0,20
 Sangat rendah
0,20   < 0,40
Rendah
0,40  
Sedang
0,70  
Tinggi
0,90  
Sangat tinggi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Hubungan dan pengaruh

Proposal PTK

Artikel PTK

Laporan PTK